Tutorial JavaScript Peristiwa.

Peristiwa adalah tindakan yang dapat dideteksi oleh JavaScript.

Bertindak untuk Acara.

Contoh di bawah ini menampilkan tanggal ketika sebuah tombol diklik:

<html>

<head>
<script type=”text/javascript”>
function displayDate()
{
document.getElementById(“demo”).innerHTML=Date();
}
</script>
</head>

<body>

<h1>My First Web Page</h1>

<p id=”demo”></p>

<button type=”button” onclick=”displayDate()”>Display Date</button>

</body>
</html>

Peristiwa.

Dengan menggunakan JavaScript, kita memiliki kemampuan untuk membuat halaman web dinamis. Peristiwa adalah tindakan yang dapat dideteksi oleh JavaScript.Setiap elemen pada halaman web memiliki peristiwa tertentu yang dapat memicu sebuah JavaScript. Sebagai contoh, kita dapat menggunakan event onClick dari sebuah elemen tombol untuk menunjukkan bahwa suatu fungsi akan berjalan ketika pengguna mengklik tombol. Kami mendefinisikan peristiwa dalam tag HTML.Contoh acara:
-Sebuah klik mouse
-Sebuah halaman web atau loading gambar
-Mousing atas hot spot pada halaman web
-Memilih sebuah input field dalam bentuk HTML
-Mengirimkan sebuah form HTML
-Sebuah keystroke
Catatan: Acara biasanya digunakan dalam kombinasi dengan fungsi, dan fungsi tidak akan dieksekusi sebelum peristiwa itu terjadi!Untuk referensi lengkap dari peristiwa yang diakui oleh JavaScript, pergi ke lengkap kami Peristiwa Refrensi.

onLoad dan onUnload.

Peristiwa onLoad dan onUnload dipicu ketika pengguna memasuki atau meninggalkan halaman.Acara onLoad sering digunakan untuk memeriksa jenis browser pengunjung dan versi browser, dan memuat versi yang tepat dari halaman web berdasarkan informasi.Baik onLoad dan peristiwa onUnload juga sering digunakan untuk menangani cookie yang harus ditetapkan ketika pengguna memasuki atau meninggalkan halaman. Sebagai contoh, Anda bisa memiliki popup untuk meminta nama pengguna pada saat kedatangan pertamanya ke halaman Anda. Nama ini kemudian disimpan dalam cookie. Kali pengunjung tiba di halaman Anda, Anda bisa memiliki sesuatu yang lain mengatakan popup seperti: “Selamat Datang John Doe!”.

onFocus, onBlur dan onChange.

OnFocus itu, onBlur dan onChange peristiwa yang sering digunakan dalam kombinasi dengan validasi kolom formulir.Berikut adalah contoh bagaimana menggunakan event onChange. Para checkEmail () fungsi akan dipanggil setiap kali pengguna mengubah isi dari lapangan:
<input type=”text” size=”30″ id=”email” onchange=”checkEmail()”>

onSubmit.

Acara onSubmit digunakan untuk memvalidasi SEMUA kolom formulir sebelum mengirimkan itu.Berikut adalah contoh bagaimana menggunakan event onSubmit. Para checkForm () fungsi akan dipanggil saat pengguna mengklik tombol submit dalam bentuk. Jika nilai bidang yang tidak diterima, menyerahkan harus dibatalkan. Para checkForm function () mengembalikan baik benar atau salah. Jika itu mengembalikan nilai true formulir akan disampaikan, jika tidak menyerahkan akan dibatalkan:
<form method=”post” action=”xxx.htm” onsubmit=”return checkForm()”>

onMouseOver.

Peristiwa onmouseover dapat digunakan untuk memicu fungsi ketika pengguna mouse melalui elemen HTML:

Planets

Matahari dan planet-planet gas raksasa seperti Jupiter yang jauh benda-benda terbesar dalam tata surya kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *